Skip to main content

Buku: don't drink your milk

Judul : Don’t Drink Your Milk: Mengungkap Fakta Mengejutkan di Balik Mitos Kehebatan Susu
No. ISBN : 978-602-7816-57-2
Penulis : Frank A. Oski, M.D.
Penerjemah : Rininta Firdaus
Pengantar : dr. Arifianto, Sp.A.
Penerbit : Noura Books
Tanggal Terbit : Juni - 2013
Jumlah Halaman : 164



“Kita harus minum segelas susu sehari.”
“Susu memenuhi semua kebutuhan gizi anak.”
“Susu tinggi kalsium dapat mencegah osteoporosis.”

Slogan-slogan seperti itu tak asing lagi di telinga kita. Saking hebatnya, susu sapi sering dijadikan solusi berbagai masalah kesehatan. Beraneka ragam susu pun muncul, misalnya susu khusus untuk bayi, untuk anak yang sulit makan, untuk remaja yang ingin tumbuh tinggi, hingga untuk lansia yang ingin mencegah pengeroposan tulang.

Faktanya, susu dibutuhkan tubuh hanya dalam jumlah sedikit. Alih-alih bermanfaat, susu justru bisa menyebabkan anemia, diare, bronkhitis, leukemia, multiple sclerosis, kerusakan gigi, ruam kulit, serta beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Buku ini memaparkan berbagai fakta tentang susu yang perlu Anda ketahui serta solusi alternatifnya. Jika Anda dan keluarga masih minum susu, Anda wajib membaca buku ini.

“Dr. Oski adalah sosok yang energik, dinamis, pembelajar, dan penuh semangat.”
-www.contemporarypediatrics.modernmedicine.com 

“Anda tidak akan lagi memandang segelas susu dengan cara yang sama.”
-www.timeswellness.com

Isi Buku:
Bab 1: Susu adalah Produk Alami
- Rata-rata orang orang megonsumsi sekitar 188 Kg produk olahan susu per tahun.
- Konsumsi susu sapi terkait dengan anemia defisiensi besi serta penyebab kram, diare, dan berbagai bentuk alergi.
- Masing-masing susu dari spesies mamalia dirancang untuk menyediakan gizi optimal bagi generasi penerus spesies tersebut.

Bab 2: Lima Ribu Rupiah untuk Hampir Seliter Gas
- Banyak orang di atas 40 tahun mengalami "intoleransi laktosa". Konsumsi susu justru menyebabkan keluhan saluran cerna.
- Selama bayi diare, pemberian susu terus-menerus hanya akan memperparah gangguan pencernaannya.

Bab 3: Jangan Menangisi Susu yang Tumpah
- Dalam beberapa kasus, seorang anak harus berumur lima tahun untuk dapat mengonsumsi makanan olahan susu sapi dengan aman.
- Anemia defisiensi besi menjadikan anak mudah marah, apatis, dan sulit memperhatikan.
- ASI adalah makanan terbaik bagi bayi. Susu sapi merupakan makanan yang tepat untuk anak sapi yang baru lahir dan sedang berkembang.
- Tidak mengherankan jika minum susu sapi setelah 1 atau 2 tahun akan menimbulkan penyakit.

Bab 4: Mungkinkah Lemak Menjadi Hal yang Fatal
- Pola makan merupakan faktor penting untuk menentukan kadar kolesterol dalam darah.
- Industri susu juga risau dengan fakta bahwa lemak bisa sangat berbahaya, tercermin dalam produksi susu skim dan susu rendah lemak yang besar.
- Aterosklerosis hanya dapat timbul dari pola makan yang kaya lemak dan kolesterol.

Bab 5: Pilihan Alternatif - Dua Sisi Cerita
Bab 6: Ketakutan akan Kalsium
Bab 7: Apakah Anda Menginginkan Susu Rasa Rumput
Bab 8: Waspadalah Terhadap Sapi
Bab 9: Susu Mempunyai Sesuatu untuk Setiap Orang
Bab 10: Susu Vs SindromTegang dan Lelah
Bab 11: Apa yang Sebaiknya Harus Dilakukan


Intoleransi laktosa adalah keadaan di mana seseorang tidak dapat mencerna laktosa yang diakibatkan menurunnya aktivitas laktase pada tubuhnya.

updating....

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

toko kimia di jakarta

saya hanya ingin berbagi info mengenai toko kimia yang ada di jakarta, siapa tau ada yang membutuhkan. jika ada kesalahan penulisan nama toko, alamat, dsb, silahkan dikoreksi. terimakasih. Harum kimia Jl. Kramat Raya 23 A,  Jakarta Pusat di seberang kampus YAI. di ujung fly over (sebelah kiri) arah dari senen ke matraman. Telp       : (021) 321 919,  (021)3900347 - 3912464 Fax        : 3141919 Bratachem Kantor Pusat Jalan Cideng Barat No. 78, Jakarta Pusat - 10150, INDONESIA Telp             : (021) 352 2733 / 384 9166 Fax              : (021) 352 2734 / 345 2625 E-mail          : btc.marketing@brataco.com Kantor Cabang Jl. Bulevard Raya Blok TB 2 No. 5 Kelapa Gading, Jakarta 14240 Telp             : (021) 4528 542 / 4584 6692-4 Fax              : (021) 4532 615 E-mail             : sas.jabodetabek2@bratachem.com Jaya Kimia Jl. Raya Cilincing 58 Tj.Priok, Jakarta Utara Telp             : (021) 9226842 / 4301541 Fax             

Pengolahan Minyak Bumi

Kilang Minyak Kilang minyak ( oil refinery ) adalah pabrik/fasilitas industri yang mengolah minyak mentah menjadi produk petroleum yang bisa langsung digunakan maupun produk-produk lain yang menjadi bahan baku bagi industri petrokimia. Produk-produk utama yang dihasilkan dari kilang minyak antara lain: minyak bensin (gasoline), minyak disel, minyak tanah (kerosene). Kilang minyak merupakan fasilitas industri yang sangat kompleks dengan berbagai jenis peralatan proses dan fasilitas pendukungnya. Selain itu, pembangunannya juga membutuhkan biaya yang sangat besar. Gambar Peta Lokasi Kilang Minyak di Indonesia Lokasi dan Kapasitas Kilang Dit. Pengolahan Lokasi Nama Unit Kapasitas (mbsd) Dumai Refinery Unit II – RU II 170.0 Plaju Refinery Unit II – RU III 118.0 Cilacap Refinery Unit IV – RU IV 348.0 Balikpapan Refinery Unit V – RU V 260.0 Balongan Refinery Unit VI – RU VI 125.0 Kasim

Label dan Dosis Obat

Label Obat berisi: Nama dagang / generik Nama , alamat pabrik Komposisi Aturan pakai No. registrasi: contoh : Depkes RI : DTL 123456789012 ( 15 digit ) No.batch / kode produksi Expired date / kadaluwarsa Penggolongan Obat: label obat daftar W Dosis Obat Dosis obat: jumlah obat yang diberikan kepada penderita Macam dosis: Dosis dalam satuan berat (gram, mg, mikrogram) Dosis dalam satuan isi (ml) Dosis dalam satuan unit (International Unit) Macam Dosis: Dosis medicinalis = dosis terapeutik = dosis lazim Dosis permulaan = initial dose Dosis pemeliharaan = maintenance dose Dosis toxica = dosis sampai terjadi keracunan Dosis letalis = dosis sampai terjadi kematian Dosis Maksimum DM: dosis tertinggi yang relatif masih aman (dewasa) DM prn: dosis boleh melebihi kalau diperlukan dokter → memakai tanda seru (1 – 2 mg !) DM untuk anak: dihitung khusus Dosis Anak Dosis anak idealnya berdasarkan BB atau LPT (luas permukaan tub